RAPAT KOORDINASI PEMUTAHIRAN DATA TERPADU PROGRAM PENANGGULAAN MASYARAKAT MISKIN DAN ORANG TIDAK MAMPU

RAPAT KOORDINASI PEMUTAHIRAN DATA TERPADU PROGRAM PENANGGULAAN MASYARAKAT MISKIN DAN ORANG TIDAK MAMPU
RAPAT KOORDINASI PEMUTAHIRAN DATA TERPADU PROGRAM PENANGGULAAN MASYARAKAT MISKIN DAN ORANG TIDAK MAMPU

Rapat koordinasi mengenai Pemutahiran data terpadu Program Penanggulaan Masyarakat Miskin dan Orang Tidak Mampu di gelar oleh Badan Perencanaan Pembangunan Kabupaten Bondowoso Rabu 23/1/2019 yang dipimpin oleh Plt. Asisten Pemerintahan dan Kesra Dr. AGUS SWARDJITO, M.Kes, hadir dalam acara tersebut Kepala Dinas Sosial, seluruh Camat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bondowoso beserta operator dan perwakilan Komunikasi Aliansi Kepala Desa (SKAK) Bondowoso.

Pemerintah Kabupaten Bondowoso terus berupaya memfasilitasi masyarakat miskin yang ada di Bondowoso agar dapat keluar dari kondisi miskin dan tidak kembali miskin, langkah awal yang menjadi fokus melalui pemutahiran data terpadu sebagai kunci penyaluran program pemerintah tepat sasaran sesuai Branded Pemerintah Kabupaten Bondowoso “ Gerakan Tape Manis “ (Gerakan Tanggap dan Peduli Masyarakat Miskin).

Informasi didalam Basis Data Terpadu dapat digunakan untuk memperkirakan jumlah individu/ rumah tangga miskin dan individu/ rumah tangga rawan kemiskinan pada kelompok-kelompok:

  • Individu pada kelompok demografi tertentu (misalnya: anak-anak, orang lanjut usia, orang-orang usia produktif, para janda, dsb)
  • Anak-anak yang bersekolah dan yang tidak bersekolah
  • Individu yang bekerja pada beberapa bidang pekerjaan
  • Individu penyandang cacat
  • Status kepemilikan rumah/ tempat tinggal
  • Sumber air minum dalam Rumah Tangga
  • Sumber bahan bakar untuk memasak dalam Rumah Tangga

Data Terpadu membantu perencanaan program dan memperbaiki penggunaan anggaran sehingga jumlah dan sasaran penerima manfaat program dapat dianalisa sejak awal perencanaan program. Hal ini akan membantu mengurangi kesalahan dalam penetapan sasaran pelaksanaan program.

Camat sebagai bagian dari Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan di tingkat kecamatan memiliki tugas mengelola data dan profil keluarga miskin, melakukan usaha penggalangan sumber daya dan membangun kemitraan serta usaha pemberdayaan dan pendampingan program bagi warga miskin di wilayahnya. Sedangkan Kepala Desa sebagai Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan di tingkat Desa menjadi unjung tombak dalam mengelola dan memutakhirkan (up dating) data keluarga miskin.