PAMSIMAS III Tahun 2016/2017 Segera Berjalan

PAMSIMAS III Tahun 2016/2017 Segera Berjalan

Akses air bersih dan sanitasi oleh masyarakat Bondowoso masih rendah. Akses air bersih tahun 2016 mencapai 57,38% dan akses sanitasi mencapai 49,65%, masih terjadi kesenjangan yang cukup tinggi untuk mencapai universal acces tahun 2019. Untuk itu Kabupaten Bondowoso turut serta dalam program Pamsimas III. Setelah melalui tahapan seleksi Program Pamsimas III pada tahun 2016 akhirnya ditetapkan 10 desa calon penerima program dan telah dilakukan penyusunan Rencana Kerja Masyarakat RKM) yang meliputi Desa Jeruk Soksok Kec. Binakal, Desa Gentong Kec. Taman Krocok, Desa Walidono Kec. Prajekan, Desa Sumbersalak Kec. Curahdami, Desa Pekauman Kec. Grujugan, Desa Sumberwringin Kec. Sumberwringin, Desa Lanas Kec. Botolinggo, Desa Kemuningan Kec. Taman Krocok, Desa Jebung Kidul Kec. Tlogosari, dan Desa Sulingwetan Kec. Cermee.

Menindaklanjuti terbitnya DIPA dari Ditjen Cipta Karya Kemeneterian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, maka dilakukan koordinasi pelaksanaan Program Pamsimas oleh Satker Pembangunan Infrastrutur Permukiman yang dihadiri oleh KKM dan Kepala Desa. Disampaikan bahwa program ini harus dilaksanakan sesuai ketentuan, yaitu pendanaan dilakukan dengan sharing 10% APBDdesa dan 20% partisipasi masyarakat dalam bentuk inkind dan incash.

Diakhir acara disepakati program segera dilaksanakan mulai bulan Juli yang diawali dengan pelatihan-pelatihan agar pada akhir tahun sistem penyediaan air bersih perpipaan dan penyediaan sanitasi dapat dinikmati masyarakat