Focus Group Discussion (FGD) Penguatan Kelembagaan Pelatihan Anak Tani Remaja (PATRA) Untuk Peningkatan Ekonomi Masyarakat

Focus Group Discussion (FGD) Penguatan Kelembagaan Pelatihan Anak Tani Remaja (PATRA) Untuk Peningkatan Ekonomi  Masyarakat
Focus Group Discussion (FGD) Penguatan Kelembagaan Pelatihan Anak Tani Remaja (PATRA) Untuk Peningkatan Ekonomi  Masyarakat

Bertempat di Bappeda Kabupaten Bondowoso pada tanggal 23 April 2019, dilaksanakan Focus Group Discussion (FGD) Penguatan Kelembagaan Pelatihan Anak Tani Remaja (Patra) untuk peningkatan ekonomi  masyarakat. Pada kegiatan FGD ini diharapankan ada ilmu dan pengalaman dari para narasumber yang bisa dipelajari dan diterapkan dilapangan terkait dunia pertanian khususnya melalui komunitas Pelatihan Anak Tani Remaja (Patra).

Pelaksanaan Focus group discussion (FGD) Penguatan Kelembagaan Pelatihan Anak Tani Remaja (Patra) ini dihadiri dan diikuti oleh Tim Peneliti dari LP2M Universitas Jember selaku Narasumber, Dinas Pertanian, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, UPT BPP, PPL Pertanian, Pihak Kecamatan serta dari unsur Internal Bappeda, khususnya Bidang Pengendalian, Penelitian dan Pengembangan dan Bidang Ekonomi.

Hasil yang didapat dari FGD ini antara lain:

  1. PATRA adalah sebuah Organisasi atau Komunitas bukan berbentuk Lembaga atau Instansi yang bergerak dibidang usaha pertanian yang beranggotakan anak-anak petani remaja se kabupaten Bondowoso.
  2. Komunitas ini sudah berdiri sejak tahun 2005, awalnya beranggotakan sangat sedikit dan hanya ada disatu kecamatan (Kecamatan Wringin). Saat ini dalam kurun waktu kurang lebih 14 tahun berjalan sudah banyak anggota yang ikut bergabung dan tersebar dalam 23 Kecamatan se Kabupaten Bondowoso.
  3. Karena PATRA masih bersifat komunitas atau Organisasi maka stuktur organisasi dan kelembagaannya masih belum terbentuk, untuk itu perlu dibentuk Kelembagaannya terlebih dahulu.
  4. Masukan dan saran dari segenap OPD terkait yang hadir pada acara FGD kali ini akan dijadikan referensi dan pertimbangan dalam membentuk Kajian Kelembagaan dari PATRA.
  5. Kajian Kelembagaan PATRA ini akan disusun oleh Bappeda beserta Tim dari LP2M Unej yang nantinya diharapkan menjadi pertimbangan atau rekomendasi bagi pengurus dan anggota PATRA untuk meningkatkan Kelembagaannya.
  6. FGD ini akan dilanjutkan dengan acara Seminar Pendahuluan Kajian Penguatan Kelembagaan Pelatihan Anak Tani Remaja (PATRA) Untuk Peningkatan Ekonomi  Masyarakat.