Loading...
close
>

RAPAT KERJA TIM KOORDINASI PENANGGULANGAN KEMISKINAN DAERAH KABUPATEN BONDOWOSO TAHUN 2019

blog images

RAPAT KERJA TIM KOORDINASI PENANGGULANGAN KEMISKINAN DAERAH KABUPATEN BONDOWOSO TAHUN 2019

Rapat Koordinasi  Penanggulangan  Kemiskinan Daerah diawal tahun ini dipimpin langsung oleh Bapak Wakil Bupati Bondowoso H. IRWAN BACHTIAR R, SE, M.Si yang dihadiri oleh unsur DPRD,  Pemerintah Daerah, Pemerintah Desa, Dunia usaha dan KOMPAK (Kolaborasi Masyarakat dan Pelayanan untuk Kesejahteraan). Kemiskinan tidak  hanya menargetkan penurunan tingkat kemiskinan dan menurunkan jumlah penduduk miskin saja tetapi lebih bagaimana bisa memberikan pemenuhan pelayanan hak kehidupan yang layak bagi seluruh penduduk Kabupaten Bondowoso.

Penanggulangan  kemiskinan diperlukan komitmen dan tekad yang kuat, gerakan terpadu dan sinergi dari seluruh pemangku kebijakan yang ada harus bergerak bersama-sama pada satu tujuan untuk terwujudnya masyarakat  yang sejahtera. Sinergitas kebijakan dan program dari seluruh Perangkat Daerah dan stakeholder harus menyatu dan terpadu dengan tujuan dan sasaran yang sama yaitu penduduk miskin.

Sudah banyak program/kegiatan  penanggulangan kemiskinan baik dari Pusat, Provinsi, Kabupaten maupun dari Dana Desa , akan tetapi belum secara signifikan dapat menurunkan angka kemiskinan, artinya perlu adanya evaluasi terhadap pelaksanaan program/kegiatan utamanya pada sasaran penerima manfaat program. Secara kelembagaan, telah ada TKPKD di tingkat Kabupaten, TKPK di Kecamatan dan TKPK di Desa dan Kelurahan. TKPK Kecamatan dan TKPK Desa/Kelurahan telah terbentuk di akhir tahun 2018, dan mari langsung bekerja di tahun 2019. Kepada seluruh Perangkat Daerah yang melaksanakan program/kegiatan penanggulangan kemiskinan untuk memanfaatkan Basis Data Terpadu yang dikeluarkan oleh TNP2K. Data penduduk miskin berdasarkan by name by addres, yang sudah terbagi Desil 1, Desil 2, Desil 3 dan Desil 4.

Dalam kesempaan ini juga untuk menyamakan dan menyatukan gerak dan langkah dalam rangka penanggulangan kemiskinan dalam satu gerakan  di Lounching Branded penanggulangan kemiskinan dengan nama “ Gerakan Tape Manis “ (Gerakan Tanggap dan Peduli Masyarakat Miskin) menjadi  branded Program Penanggulangan Kemiskinan. Adapun makna gerakan ini adalah :

  • Gerakan : Perbuatan atau keadaan bergerak secara bersama-sama dan terpadu
  • Tanggap : Terjun langsung lapangan , cek siapa , dimana, apa yang dibutuhkan
  • Peduli : Membangun empati, merasa bersama
  • Masyarakat miskin : Sasaran kegiatan adalah masyarakat miskin

Berita Terkait

product image
RAPERDA PERUBAHAN RPJMD…

ertempat di Ruang Graha Paripurna DPRD…

08 Aug, 2017
product image
Rapat Evaluasi Pelaksanaan…

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten…

27 Aug, 2019
product image
SAFARI PENDIDIKAN

Safari Pendidikan yang dilaksanakan pada tanggal…

02 Mar, 2018
product image
KEGIATAN BIMBINGAN TEKNIS…

Sebagai upaya peningkatan Sumber Daya Manusia…

28 Jul, 2017
product image
KUNJUNGAN KERJA DPRD…

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten…

21 Mar, 2019
product image
RAPAT FINALISASI PENYUSUNAN…

Bappeda Kabupaten Bondowoso menggelar Rapat Finalisasi…

15 Mar, 2019