Loading...
close
>

Musrenbang RKPD Tahun 2021 di 23 Kecamatan Kabupaten Bondowoso Tahun 2020

blog images

Musrenbang RKPD Tahun 2021 di 23 Kecamatan Kabupaten Bondowoso Tahun 2020

Musyawarah perencanaan pembangunan atau Musrenbang adalah forum musyawarah tahunan yang merupakan langkah awal penyusunan perencanaan pembangunan untukmembahas dan memusyawarahkan usulan program dan kegiatan prioritas pembangunandengan melibatkan secara partisipatif para pemangku kepentingan (stakeholder) untuk menyepakati rencana kegiatan pada tahun anggaran berikutnya.

Memenuhi amanat Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017 tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah, Tata Cara Evaluasi Rancangan Peraturan Daerah Tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah serta Tata Cara Perubahan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah, maka dalam rangka penyusunan RKPD Kabupaten Bondowoso Tahun 2021 perlu dilaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Desa/Kelurahan dan Musrenbang Kecamatan.

Kebijakan perencanaan pembangunan daerah Kabupaten Bondowoso dititik beratkan pada pengembangan perencanaan pembangunan yang bersifat aspiratif, dinamis dan berkelanjutan. Oleh karena itu dalam proses perencanaan pembangunan daerah dilaksanakan pula penyelenggaraan perencanaan pembangunan partisipatif (bottom up planning) melalui mekanisme Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) mulai dari Tingkat Desa sampai Tingkat Kabupaten.

Pelaksanaan Musrenbang 23 (duapuluh tiga) kecamatan dalam Kabupaten Bondowoso dihadiri oleh Anggota DPRD Kabupaten Bondowoso, Forkompim Kecamatan, Camat, Unsur Perangkat Daerah, Kepala Desa, BPD, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Pemudadan Perwakilan Perempuan serta tim Musrenbang Kabupaten dari Bappeda Kabupaten Bondowoso.

Jadwal Musrenbang Kecamatan adalah sebagai berikut :


Adapun tujuan dari pelaksanaan musrenbang RKPD tahun 2021 di Kecamatan adalah:

1. Menyepakati usulan rencana kegiatan pembangunan desa / kelurahan yang menjadi kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan yang bersangkutan;

2. Membahas dan menyepakati kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan yang belum tercakup dalam prioritas kegiatan pembangunan desa.

3. Menyepakati pengelompokkan kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan berdasarkan tugas dan fungsi Perangkat Daerah Kabupaten / Kota.

Tema Pembangunan Kabupaten Bondowoso Tahun 2021 adalah Peningkatan kualitas pelayanan publik dan akuntabilitas kinerja berbasis teknologi informasi serta pengembangan infrastruktur untuk mendorong kemandirian ekonomi masyarakat. Tema ini selaras dengan arah kebijakan pembangunan  yang mengacu pada visi dan misi Pemerintah Daerah yaitu TERWUJUDNYA BONDOWOSO MANDIRI EKONOMI, LESTARI, SEJAHTERA, ADIL DAN TERDEPAN DALAM BINGKAI IMAN DAN TAKWA atau lebih dekat disebut “MELESAT”.

Dalam sambutannya, Kepala BAPPEDA Kabupaten Bondowoso Dra. Hj. FARIDA, M. Si, berharap usulan program / kegiatan prioritas pembangunan hasil Musrenbang Kecamatan dapat mengakomodir kepentingan dan kebutuhan masyarakat yang nantinya akan dijadikan bahan usulan pada pelaksanaan musrenbang tingkat kabupaten hingga musrenbang tingkat nasional.

Kepala BAPPEDA Kabupaten Bondowoso juga menyampaikan bahwa sesuai amanat Permendagri Nomor 86 Tahun 2017 maka penyusunan perencanaan pembangunan akan menggunakan Apliksi Sistem Perencanaan Pembangunan Daerah (Simda Perencanaan / e-planning) yang bertujuan agar penyusunan perencanaan pembangunan daerah baik itu dokumen Renstra / RKP Desa, Renstra / Renja Kecamatan, Rentra / Renja Perangkat Daerah selaras dengan RPJMD / RKPD Kabupaten Bondowoso sehingga pembangunan di Kabupaten Bondowoso lebih terarah dan terpadu serta menjadi satu kesatuan baik pembangunan di tingkat desa / kelurahan, kecamatan maupun kabupaten.

Sehubungan dengan hal itu, mulai Tahun 2020 usulan kegiatan untuk Tahun 2021 hasil Musrenbang Desa / Kelurahan dan Kecamatan akan dilaksanakan melalui Aplikasi Simda Perencanaan  (eplanning) dengan memperhatikan beberapa hal, yaitu :

1. Usulan Kegiatan mengacu dari data kegiatan Prioritas Perangkat Daerah yang sudah disediakan dalam aplikasi eplanning.

2. Usulan Kegiatan diawali dari Usulan RT / RW yang merupakan Hasil Musrenbang Desa / Kelurahan.

3. Usulan Kegiatan Hasil Musrenbang Kecamatan merupakan Hasil Kesepakatan dari Seluruh Usulan Kegiatan Hasil Musrenbang Desa / Kelurahan.


Berita Terkait

product image
Persiapan Mengikuti Lomba…

Sebanyak tujuh video yang bakal ikut…

11 Jun, 2020
product image
RAPAT KOORDINASI PERUBAHAN…

Sebagaimana diamanatkan pada Permendagri Nomor 86…

14 Jul, 2020
product image
BONDOWOSO GELAR FESTIVAL…

emerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso menggelar Festival…

28 Aug, 2017
product image
RAPAT KOORDINASI PEMBAHASAN…

Kegiatan Pembahasan Rancangan Kesepakatan Bersama Dilaksanakan…

25 Aug, 2020
product image
RAPAT KOORDINASI PERENCANAAN…

Pada hari Senin tanggal 13 Mei…

13 May, 2019
product image
Rapat Evaluasi Pelaksanaan…

Bertempat di Ruang Rapat Sabha Bina…

13 Aug, 2019