Loading...
close
>

Kajian Peningkatan Ekoknomi Masyarakat Melalui Optimalisasi Manajemen Industri Kecil Menengah (IKM) di Kabupaten Bondowoso

blog images

Kajian Peningkatan Ekoknomi Masyarakat Melalui Optimalisasi Manajemen Industri Kecil Menengah (IKM) di Kabupaten Bondowoso

Melalui kegiatan monitoring dan evaluasi yang dilakukan selama satu dasa warsa, didapatkan hasil bahwa kabupaten bondowoso tergolong menjadi kabupaten miskin. Upaya – upaya telah dilakukan guna mengatasi berbagai macam faktor tersebut salah satunya peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat melalui UMKM lebih khusus lagi industri kecil dan menengah (IKM) yang dirasa cukup strategis untuk dikembangkan, selain mengatasi angka pengagguran dapat meningkatkan ekonomi masyarakt pula.

Berdasarkan Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 3 tahun 2014 tentang perindustrian pasal 102 ayat (2) huruf c (a) ditetapkan berdasarkan jumlah tenaga kerja dan nilai investasi tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha (b) ditetapkan berdasarkan jumlah tenaga kerja dan atau nilai investasi. Kondisi dilapangan pada saat ini yang terjadi antaralain, kurangnya informasi tentang cara membesarkan bisnis yang benar, belum secara sepenuhnya menggunakan TTG, belum memanfaatkan pemasaran online, kurangnya branding / merk produk, pembukuan secara manual, belum memiliki mentor dan belum ada pembagian struktur wewenang sumber daya manusia yang tersepesialisasi secara jelas.

Perlunya tim ahli guna memperlancar strategi – strategi yang telah disusun tersebut agar dapat menunjang serta mempercepat pengambilan tindakan yang secara tepat dan akurat, dengan itu Bappeda menggandeng Universitas Jember dalam mempercepat langkah mengatasi kemiskinan yang terjadi di Bondowoso. Melalui kajian ilmiah dan studi kasus dari permasalahan kemiskinan sebelumnya dapat ditarik kesimpulan beberapa tahap kegiatan pengumpulan data antaralain tahap persiapan, tahap studi pendekatan, tahap survei lapangan, tahap pengolahan dan analisi data, tahap pencapaian efektifitas lingkungan kerja .

Setelah semua tahapan kegiatan terpenuhi akan didapatkan hasil dan analisa kajian yang telah dilakukan, didapatkan hasil hampir semua IKM di bondowoso memiliki masalah yang serupa meliputi kurang kuatnya di bidang manajemen permodalan, manajemen sumberdaya manusia, manajemen produksi, manajemen pemasaran, manajemen akutansi. Dari semua permasalahan yang dialami pelaku IKM didapatkan kesimpulan dan saran sebagai berikut :

Kesimpulan dari kajian tersebut adalah :

1. Manajemen permodalan permodalan usaha diawali berasal dari uang probadi pemilik IKM.

2. Manajemen sumberdaya manusia masih bersifat tradisional dan terkesan lebih kekeluargaan sehingga menjadi titik lemah baru bagi manajerial IKM.

3. Bahan atau materi IKM sehingga akan menggangu proses produksi dan output barang produksi.

4. Sistem pemasaran IKM masih relatif sederhana dengan cara konvensional.

5. Menajemen akutansi yang berlaku di IKM rata – rata relatif masih sederhana.

6. Pelaksanaan manjerial senantiasa melakukan pengawasan dan pengendalian secara langsung.

7. IKM batik terbentuk paguyuban sebagai media akses informasi dan alternatif memenuhi bahan yang dibutuhkan masing – masing IKM.

Saran dari kesimpulan tersebut adalah :

1. Perlu dilakukan kedepannya edukasi atau sosialisasi serta pendampingan terkait manajemen permodalan dalam IKM sampai meningkatkan efisiensi.

2. Meningkatkan sumberdaya manusia pada IKM perlu dilakukan pemagangan kepada perusahaan yang lebih besar dan atau pelatihan capacity building.

3. Manajemen produksi proses pengolahan perlu sekali bekerjasama dengan perguruan tinggi atau litbang lainnya untuk teknologi tepat guna (TTG).


Berita Terkait

product image
SEMINAR NASIONAL KETENAGAKERJAAN…

Bupati Bondowoso secara resmi membuka seminar…

07 Jun, 2017
product image
PENANDATANGANAN PERJANJIAN KINERJA…

Salah satu rangkaian dari tahapan implementasi…

13 Mar, 2018
product image
Paparan Musrenbang Provinsi…

Link Download Paparan Resmi Musrenbang Provinsi…

05 May, 2020
product image
Musrenbangnas 2020: RKP…

Musrenbangnas 2020: RKP 2021 Mempercepat Pemulihan…

12 May, 2020
product image
Musyawarah Perencanaan Pembangunan…

Tema Pembangunan Provinsi Jawa Timur Tahun…

29 Apr, 2020
product image
STUDI TIRU DARI…

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten…

31 Dec, 2019