Loading...
close
>

BENCHMARKING SECARA VIRTUAL VERIFIKASI DAN VALIDASI DATA TERPADU KESEJAHTERAAN SOSIAL TERHADAP PENANGGULANGAN KEMISKINAN DENGAN PROVINSI JAWA TENGAH

blog images

BENCHMARKING SECARA VIRTUAL VERIFIKASI DAN VALIDASI DATA TERPADU KESEJAHTERAAN SOSIAL TERHADAP PENANGGULANGAN KEMISKINAN DENGAN PROVINSI JAWA TENGAH

Tingkat kemiskinan di Kabupaten Bondowoso pada Tahun 2018 mencapai 14,39 % atau sekitar 110.980 jiwa dan di Tahun 2019 turun menjadi 13,33 % atau 103.330 jiwa melebihi target RPJMD Tahun 2018 – 2023, dimana untuk Tahun 2019 ditarget sebesar 13,96 %.

Latar Belakang lahirnya Pemanfaatan Sistem Satu data untuk Penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Bondowoso yaitu disebabkan oleh Inklusion Error Data, Penonaktifan peserta PBI, kepemilikan Adminduk dan Refocusing dan Integrasi Penanggulangan Kemiskinan.

Dalam rangka upaya percepatan penanggulangan kemiskinan, pada triwulan ke tiga pada tahun 2019 telah melakukan pendampingan terhadap proses verivikasi dan validasi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) untuk membersihkan Insklusion Error Data, berupa data ganda, data orang yang meninggal maupun data pindah datang.

Pendampingan dilakukan secara terpadu bersama dengan KOMPAK, Bappeda, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil ke 23 Kecamatan dengan melibatkan Camat, Kepala Desa, BPD dan Operator SIKS-NG Desa, dengan menggunakan alat bantu (aplikasi sederhana) sehingga ditemukan data ganda, data orang yang meninggal maupun data pindah datang.

Langkah-langkah yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Bondowoso untuk mengintegrasikan data dan program penanggulangan kemiskinan yaitu:

1. Membangun Integrasi Data Dalam satu system dengan menempatkan data kemiskinan dalam 1 platform system SAID (Sistem Administrasi dan Informasi Desa) yang terhubung dengan berbagai layanan.

2. Melakukan verval terpadu data kemiskinan

3. Pemanfaatan Data Untuk

1. Perencanaan dan Pembangunan Kabupaten dan Desa

2. Keterhubungan dengan Layanan

a) Layanan pengaduan warga miskin Tape Manis

b) Layanan Adminduk Online Desa

c) Layanan Pemantauan Ibu dan Bayi

d) Layanan Kesehatan Siksda Generik

Diharapkan dengan dirancangnya PEMANFATAAN SISTEM SATU DATA UNTUK PENANGGULANGAN KEMISKINAN dapat digunakan secara maksimal dalam berbagai macam bentuk informasi terkait pengentasan kemiskinan di kabupaten bondowoso serta mempermudah masyarakat secara umum dalam pengaduan berbagai macam permasalahan selain kemiskinan melalui gerakan tape manis.


Berita Terkait

product image
DOKUMEN PERATURAN PRESIDEN…

Dokumen Peraturan Presiden Republik Indonesia :1. Batang…

12 May, 2020
product image
KUNJUNGAN KERJA DEPUTI…

Kunjungan Kerja Deputi Bidang Evaluasi Kinerja…

11 Sep, 2017
product image
MENTORING ANTI PROVERTY…

Pelaksanaan Mentoring Anti Proverty Program Kabupaten…

08 Feb, 2021
product image
BIMTEK PENYUSUNAN KARYA…

Pemerintah Kabupaten Bondowoso melalui Bidang Pengendalian,…

06 Aug, 2019
product image
FGD HILIRISASI PENGEMBANGAN…

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Bondowoso…

10 Oct, 2019
product image
BIMBINGAN TEKNIS PENYUSUNAN…

Sebagaimana amanat UU Nomor 25 Tahun…

25 Oct, 2017