SEKILAS INFO

     » Selamat Datang Di Official Resmi Website Bappeda Kabupaten Bondowoso
Senin, 11 September 2017 - 16:01:37 WIB
KUNJUNGAN KERJA DEPUTI BIDANG EVALUASI KINERJA PEMBANGUNAN BAPPENAS DALAM RANGKA EVALUASI DAERAH TERTINGGAL DI KABUPATEN BONDOWOSO

Diposting oleh : Zulfi Hidayati
Kategori: Ekonomi - Dibaca: 12069 kali

Kunjungan Kerja Deputi Bidang Evaluasi Kinerja Pembagunan Bapenas di Kabupaten Bondowoso dalam rangka mengevaluasi dan meninjau program pembangunan khususnya daerah tertinggal, obyek yang menjadi sasaran pemantauan yang dikunjungi terkait dengan pendidikan, kesehatan, pemberdayaan maasyarakat dan Sistem Administrasi dan Informasi Desa (SAID). Pembangunan Bidang Pendidikan, kesenjangan kualitas pendidikan, baik sarana gedung, fasilitas sarana dan prasarana belajar mengajar , tenaga pendidik, penerapan terhadap pelayanan siswa miskin (BOS), serta angka putus sekolah masih tinggi perlu mendapat perhatian khusus.  Sasaran kunjungan kerja di SMP Sumberwringin.

Pelayanan Kesehatan Puskesmas yang merupakan pelaksana teknis terdepan hampir merata di setiap Kecamatan dan relative dekat sasaran program pembangunan kesehatan masyarakat yang fungsinya memberi pelayanan kesehatan dasar, harus didukung dengan sumber daya yang memadai, sarana prasarana medis, serta dukungan biaya operasional puskesmas dan jaringannya. Sasaran kunjungan kerja terkait kondisi kesehatan di Puskesmas Sumberwringin.

Program Pemberdayaan Masyarakat Pemerintah Kabupaten Bondowoso bersama Perhutani memberi kesempatan kepada masyarakat sekitar areal Perhutani untuk mengolah lahan Perhutani guna meningkatkan pendapatan masyarakat, memenuhi kebutuhan hidupnya sehingga dapat memperkecil angka kemiskinan dengan meningkatkan potensi dan kemampuan dasar yang dimilikinya. Kunjungan lapangan dilakukan di Desa Sukorejo Kecamatan Sumberwringin.

Sistem Administrasi dan Informasi Desa (SAID), memiliki empat fungsi utama, sebagai sistem data dan informasi, pengawasan, umpan balik,transparansi penggunaan Dana Desa serta  administrasi pemerintah daerah. Oleh karena itu, penting bahwa semua pemangku kepentingan mendapatkan akses data dan informasi agar manfaat pelayanan dapat diwujudkan sepenuhnya.Kerjasama Kabupaten Bondowoso dengan KOMPAK untuk pengembangan SAID di desa Cermee Kecamatan Cermee berfokus pada Sistem Informasi Kependudukan Desa, informasi Basis Data Terpadu (BDT 2015) dan informasi desa tertinggal yang bisa diakses di masing-masing website desa dilokasi kerja KOMPAK.

Kesimpulan Hasil kunjungan kerja Deputi  bidang Evaluasi Kinerja Pembangunan Bappenas  di Kabupaten Bondowoso yang berlangsung selama 2 hari tanggal 4 – 5 September 2017 ke lokasi  sasaran telah menunjukkan hasil yang baik dan dapat menjadi upaya bagi Kabupaten Bondowoso dalam mengentaskan dari daerah tertinggal.


   




0 Komentar :