SEKILAS INFO

     » Selamat Datang Di Official Resmi Website Bappeda Kabupaten Bondowoso
Selasa, 25 September 2018 - 16:48:01 WIB
SOSIALISASI TINDAK LANJUT HASIL KAJIAN (PROTOTYPE) TAHUN 2018

Diposting oleh : Administrator
Kategori: Riset & Teknologi - Dibaca: 23 kali

Bertempat di Bappeda Kabupaten Bondowoso pada tanggal 24 September 2018, dilaksanakan Sosialisasi Tindak Lanjut Hasil Kajian berupa Prototype Alat Pengering Serba Guna (Misal : Genteng, Bata Merah, Gerabah, Kuningan, Biji-bijian dsb). Perancangan TTG ini difokuskan pada unit pengolahan pembuatan Alat Pengering Serba Guna untuk peningkatan produktivitas pada UMKM. Keuntungan dari Alat Pengering Serba Guna adalah : mempercepat proses pengeringan, kualitas hasil pengeringan lebih merata (kering keseluruhan) serta efisiensi biaya dan waktu. Secara umum, seluruh OPD menyambut baik prototype yang dimaksud. Besar harapan, ke depan prototype tersebut dapat benar-benar dimanfaatkan oleh UMKM terkait di Kabupaten Bondowoso.

Keuntungan Alat TTG ini adalah tidak hanya tergantung pada panas terik matahari, meskipun cuaca mendung proses pengeringan tetap bisa dilaksanakan didalam ruangan yang tidak membutuhkan lahan yang amat luas dengan harga relatif ekonomis, produktifitas relatif meningkat dan ramah lingkungan. Alat bisa diproduksi sesuai pesanan dan kebutuhan dari masing-masing UMKM yang membutuhkan prototype ini, serta yang tak kalah pentingnya adalah lebih hemat listrik dengan biaya produksi yang relatif ringan.

Pelaksanaan Sosialisasi Tindak Lanjut Hasil Kajian ini dihadiri dan diikuti oleh Tim Peneliti dari LP2M Universitas Jember, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan, Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja, serta dari unsur Bappeda , khususnya Bidang Pengendalian, Penelitian dan Pengembangan.


   




0 Komentar :