SEKILAS INFO

     » Selamat Datang Di Official Resmi Website Bappeda Kabupaten Bondowoso
Selasa, 31 Juli 2018 - 15:57:34 WIB
RAPAT KAJIAN LINGKUNGAN HIDUP STRATEGIS (KLHS) RPJMD KABUPATEN BONDOWOSO

Diposting oleh : Administrator
Kategori: Ekonomi - Dibaca: 18 kali

Bertempat di Ruang Racana Praja Wisesa Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bondowoso pada tanggal 31 Juli 2018 telah dilaksanakan Rapat Kajian Lingkungan Hidup (KLHS) RPJMD Kabupaten Bondowoso yang dihadiri oleh sembilan OPD yang merupakan Tim pembuat KLHS RPJMD.

Dalam paparan materi yang disampaikan oleh Kepala Bidang Ekonomi dan SDA Bappeda Kabupaten Bondowoso, SIGIT DWI WAHJU BANENDRO, STP, M.Si bahwasannya sesuai dengan UU No.32 Tahun 2009 Pasal 1 & 2 PP Nomor 46 Tahun 2016 pasal 1,  KLHS adalah rangkaian yang sistematis, menyeluruh dan partisipatif untuk memastikan bahwa prinsip pembangunan berkelanjutan telah menjadi dasar dan terintegrasi dalam pembangunan suatu wilayah dan/atau kebijakan, rencana, dan/atau program (KRP). Begitu juga menurut Permendagri 7/2018 Pasal 1 KLHS RPJMD adalah analisis sistematis, menyeluruh, dan partisipatif yang menjadi dasar untuk mengintegrasikan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan ke dalam dokumen RPJMD. Berdasarkan paparan tersebut, pembangunan berkelanjutan yaitu, pembangunan yang dapat memenuhi kebutuhan generasi sekarang tanpa mengorbankan kebutuhan generasi mendatang yang juga tidak boleh membahayakan ekosistem. Sehingga proses KLHS diawali dengan Kebijakan, Rencana, Program (KRP) yang diantaranya proses untuk menentukan masa depan yang telah melalui urutan pilihan dengan memperhitungkan sumber daya yang tersedia. Dalam prakteknya, rencana dapat berupa rancangan, prioritas, pilihan, sarana dan langkah-langkah yang akan ditempuh berdasarkan arah kebijakan dengan mempertimbangkan ketersediaan dan kesesuaian sumberdaya.

Selanjutnya beliau menyampaikan Jadwal Rencana Kerja sebagai acuan  yang akan dilaksanakan bersama seluruh Tim Pembuat KLHS.


   




0 Komentar :