SEKILAS INFO

     » Selamat Datang Di Official Resmi Website Bappeda Kabupaten Bondowoso
Senin, 09 April 2018 - 08:00:22 WIB
MUSRENBANG KABUPATEN BONDOWOSO TAHUN 2018

Diposting oleh : Administrator
Kategori: Pemerintahan - Dibaca: 83 kali

Pelaksanaan musyawarah perencanaan pembangunan atau lebih dikenal dengan Musrenbang adalah salah satu tahapan penyusunan rencana pembangunan daerah. Musrenbang yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Bondowoso  pada hari Senin, tanggal 2 April 2018 di Pendopo Kabupaten Bondowoso  adalah dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tahun 2019.  RKPD merupakan rencana pembangunan tahunan yang disusun satu tahun sebelum pelaksanaan pembangunan. 

Kegiatan Musrenbang dibuka secara resmi Bupati Bondowoso Drs. H. Amin Said Husni dan dihadiri peserta dari unsur Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten, Lembaga Legislatif DPRD Kabupaten Bondowoso, wakil dari organisasi kemasyarakatan, tokoh keagamaan dan budayawan, dan unsur-unsur lainnya.

Bupati Bondowoso, Drs. H. Amin Said Husni dalam sambutannya menyampaikan bahwa Musrenbang RKPD 2019 mengusung tema pembangunan “Peningkatan Pertumbuhan Ekonomi, Daya Saing Dan Kesejahteraan Masyarakat Didukung Oleh Pembangunan Infrastruktur Yang Berwawasan Lingkungan’’

Tema pembangunan ini difokuskan pada : 1) Peningkatan Pertumbuhan Ekonomi Daerah dengan mendorong percepatan pertumbuhan dan pemerataan ekonomi sektor pertanian, perkebunan, peternakan dan pariwisata melalui Peningkatan Produktivitas Nilai Tambah Pertanian, Perkebunan, Peternakan Dan Pariwisata, Pengembangan Pariwisata, Peningkatan Peluang Penanaman Modal,  Pengembangan Industri dan Perdagangan  serta Pemberdayaan Koperasi dan UKM. 2) Peningkatan Daya Saing Daerah dengan meningkatkan perlindungan sosial dan keberdayaan masyarakat serta meningkatkan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak. 3) Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat dengan meningkatkan perlindungan sosial dan keberdayaan masyarakat dan 4) Pembangunan infrastruktur berwawasan Lingkungan dengan menyediakan Infrastruktur yang memadai.

Penyusunan RKPD 2019 telah dilaksanakan dalam beberapa tahap secara berjenjang dari Musyawarah Perencanaan Pembangunan tingkat desa atau Musrenbang Desa, Musrenbang Kecamatan, Forum SKPD dan sekarang menginjak proses pembahasan dan penajaman materi di tingkat Musrenbang Kabupaten. Kepala BAPPEDA Kabupaten Bondowoso, Ir. H. Matsakur, M. Si. menyampaikan proses perencanaan daerah dimulai dengan merujuk pada dokumen rencana jangka panjang dan menengah daerah, masukan dari DPRD Kabupaten Bondowoso, dan analisis isu-isu strategis daerah.

Hasil dari Musrenbang RKPD 2019 akan dituangkan dalam berita acara kesepakatan yang ditandatangani oleh peserta Musrenbang yang merupakan hasil pembahasan dan penajaman  arah, kebijakan, program dan kegiatan untuk perencanaan pembangunan tahun 2019. Diharapkan dokumen RKPD menjadi acuan dasar pelaksanaan pembangunan yang dipahami dan dilaksanakan oleh semua pelaku pembangunan di Kabupaten Bondowoso  menuju sinergi gerak dalam mewujudkan Kabupaten Bondowoso  yang lebih sejahtera.


   




0 Komentar :