SEKILAS INFO

     » Selamat Datang Di Official Resmi Website Bappeda Kabupaten Bondowoso
Senin, 28 Agustus 2017 - 15:37:53 WIB
BONDOWOSO GELAR FESTIVAL KOPI NUSANTARA KE-2

Diposting oleh : Zulfi Hidayati
Kategori: Ekonomi - Dibaca: 75 kali

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso menggelar Festival Kopi Nusantara (FKN) ke-2 tahun 2017. Kali ini acara FKN ke-2 dilaksanakan di Alun-alun Raden Bagus Asra (RBA) Kironggo Bondowoso. Acara ini dilaksanakan selama 2 hari yaitu dari tanggal 25 - 26 Agustus 2017. Salah satu tujuan dari acara ini untuk lebih mengenalkan citarasa kopi asli Bondowoso kepada masyarakat. FKN kali ini secara resmi dibuka oleh Dirjen Perkebunan Kementan RI dengan pemukulan gong dan dimeriahkan dengan berbagai atraksi seni tari dan musik.

Bupati Bondowoso, Amin Said Husni yang juga dikenal sebagai Presiden Republik Kopi menyampaikan bahwa perkembangan perkopian di Bondowoso mengalami kemajuan yang sangat pesat dari hulu hingga hilir. Bupati Amin berharap, dengan hadirnya Dirjen Perkebunan Kementan RI di FKN ke-2 tahun 2017 ini, perkopian di Bondowoso bisa mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Pusat.

Acara ini terdiri dari beberapa competition, adapun competition tersebut terdiri dari Speciality Coffee Competition, Roasting Competition dan Brewing Competition. Dan ada salah satu acara lagi yang merupakan rangkaian dari kegiatan Festival Kopi Nusantara 2 yaitu Pelatihan Mangement Kelas Keuangan Tematik Barista.

Roasting adalah tahapan proses yang paling penting. Tahapan ini menentukan karakter mana dan rasa dari kopi yang ingin kita munculkan. Banyak orang yang belum memahami ini, meroasting dengan asal-asalan tanpa mempelajari karakter utama dari kopi itu sendiri. Competition ini diikuti oleh 31 pendaftar yang kemudian diseleksi menjadi 20 peserta.

Brewing adalah proses penyajian kopi tanpa menggunakan mesin dan dominan menggunakan tenaga fisik. Competition ini diikuti oleh 61 pendaftar yang kemudian diseleksi menjadi 50 peserta.

Sedangkan untuk Speciality Coffee Competition diikuti oleh 132 peserta yang terdiri dari 66 jenis arabika dan 66 jenis robusta. Dan dari hasil competition ini yang berhasil menjadi juara untuk jenis Arabika yaitu Banjarnegara (JATENG), Bondowoso (JATIM), dan Bandung (JABAR). Sedangkan untuk juara jenis robusta diraih Sumba Barat Daya (NTT), Batang (JATENG) dan Temanggung (JATENG).

Melalui Festival Kopi Nusantara diharapkan potensi unggulan suatu daerah dapat lebih mudah diperkenalkan kepada publik, dan menjadi salah satu event untuk mendukung pariwisata daerah.


   




2 Komentar :

Harga HP Samsung
08 September 2017 - 21:00:26 WIB

Selamat dan sukses atas digelarnya Festival Kopi Nusantara ke-2. Semoga kabupaten Bondowoso semakin jaya
Harga HP Samsung
08 September 2017 - 21:01:11 WIB

Selamat dan sukses atas digelarnya Festival Kopi Nusantara ke-2. Semoga kabupaten Bondowoso semakin jaya
<< First | < Prev | 1 | Next > | Last >>