SEKILAS INFO

     » Selamat Datang Di Official Resmi Website Bappeda Kabupaten Bondowoso
Jumat, 30 Desember 2016 - 10:37:12 WIB
Sosialisasi Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) dan Indek Pembangunan Manusia (IPM) Tahun 2016

Diposting oleh : Administrator
Kategori: Olahraga - Dibaca: 196 kali

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bondowoso, menggelar kegiatan Sosialisasi Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) dan Indeks Perkembangan Manusia (IPM) Tahun 2016, pada hari Kamis tanggal 22 Desember 2016 bertempat di Ruang Racana Praja Wisesa Bappeda Kabupaten Bondowoso.

Kepala Bappeda Kabupaten Bondowoso, membuka acara sosialisasi dengan memberikan arahan bahwa Pemerintah Daerah dalam menyusun perencanaan pembangunan selalu berpegang kepada data – data statistik termasuk PDRB dan IPM agar kebijakan pembangunan yang disusun tepat sasaran, efektif dan efisien. PDRB dan IPM merupakan indikator makro untuk menilai keberhasilan kinerja penyelenggaraan pemerintahan. Oleh karena itu, segenap peserta sosialisasi dari unsur SKPD harus memperhatikan kedua indikator ini dalam menentukan prioritas program/kegiatan pembangunan SKPD agar dapat menjadi manfaat bagi segenap masyarakat Bondowoso.

Kepala Seksi Neraca Wilayah dan Analisis Statistik (Kasi Nerwilis) BPS Kab Bondowoso, Dra. Aniek Hidayati, MM, mengungkapkan bahwa PDRB menjadi instrumen penting untuk memberikan gambaran umum perekonomian suatu wilayah. Secara spesifik PDRB berguna umtuk (1) mengetahui struktur ekonomi wilayah, (2) mengetahui pertumbuhan ekonomi, (3) perbandingan potensi ekonomi secara regional, (4) analisis ekonomi lebih lanjut dan (5) dasar perencanaan dan kebijakan ekonomi. “Struktur perekonomian di Bondowoso masih didominasi oleh lapangan usaha pertanian, kehutanan dan perikanan meskipun lapangan usaha ini mengalami penurunan dari sisi distribusi persentase PDRB” ujarnya. Menurutnya perlu ada langkah-langkah strategis untuk mempertahankan pertanian sebagai sektor basis di Kabupaten Bondowoso.

Sementara dalam kinerja makro sosial, menurut Kasubid Pengendalian dan Statistik Bappeda Kab Bondowoso, Roni Setiaji, S.Si mengungkapkan bahwa IPM kabupaten Bondowoso saat ini masih menempati urutan ke-31 dari 38 Kabupaten/Kota di Jawa Timur  yang mencapai 63,95% dengan kategori sedang. Pemerintah perlu memberikan penekanan untuk bidang kesehatan karena Angka Harapan Hidup (AHH) Kabupaten Bondowoso masih yang terendah di Jawa Timur  yaitu mencapai angka 65,73 tahun. Sedangkan dalam bidang pendidikan pemerintah memberikan penekanan kepada angka rata lama sekolah yang hanya mencapai 5,53 tahun.


   




2 Komentar :

Do compression socks help with Achilles tendonitis?
31 Juli 2017 - 10:21:02 WIB

Hey There. I found your blog using msn. This is an extremely
well written article. I'll make sure to bookmark it and come back to read
more of your useful information. Thanks for the post.
I'll definitely return.
How do you stretch your Achilles?
21 Agustus 2017 - 20:16:08 WIB

Hi I am so grateful I found your site, I really found you by accident,
while I was searching on Askjeeve for something else,
Anyways I am here now and would just like to say thanks a lot for a remarkable post and a all round exciting blog (I also love the theme/design),
I don't have time to look over it all at the moment
but I have bookmarked it and also added in your RSS feeds, so when I have time I
will be back to read a great deal more, Please do keep up
the awesome work.
<< First | < Prev | 1 | Next > | Last >>